4 Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan yang Harus Anda Tahu

Salah satu organ yang tidak kalah pentingnya dari organ lainnya adalah sistem pernapasan. Sistem satu ini bisa dikatakan hal terpenting bagi manusia. Jika manusia tidak bisa bernapas dengan baik, tentunya akan menimbulkan dampak yang sangat buruk. Maka dari itu, menjaga kesehatan dan kebersihan pada sistem saluran pernapasan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Ini dikarenakan sistem pernapasan sama halnya dengan anggota lainnya yang bisa saja mengalami gangguan. Ada banyak jenis penyakit yang dapat menyerang pada sistem saluran pernapasan. Adapun penyakit-penyakit yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

Asma

Siapa sih yang tidak mengenal penyakit asma? Pastinya diantara Anda semua tahu bukan dengan penyakit satu ini. Ini dikarenakan asma tidak hanya bisa terjadi pada orang tua dan remaja saja melaikan juga anak-anak. Tidak sedikit anak kecil yang terserang penyakit satu ini. Asma sendiri termasuk salah satu jenis penyakit gangguan pernapasan sehingga sering dikatakan penyakit sesak napas.  Masalah ini bisa terjadi lantaran adanya penyempitan pada saluran pernapasan. Penyebab dari penyakit ini banyak diantaranya seperti debu, asap rokok, alergi terhadap bulu hewan dan bisa juga lantaran faktor keturunan. Gejala penyakit satu ini yaitu timbulnya sesak nafas dan adanya suara mengi. Agar penyakit ini tidak mengganggu pernapasan Anda, sudah selayknya Anda harus menghindari. Untuk mencegah penyakit ini yang harus dilakukan oleh Anda yaitu hindari memelihara hewan yang berbulu (kucing dan anjing), hindari tinggal di tempat yang kotor dan berdebu.

Faringitis

Jenis penyakit kedua yang dapat mengganggu sistem saluran pernapasan adalah faringitis. Faringitis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada tenggorokan. Penyakit ini bisa terjadi karena terinfeksi bakteri dan virus. Adapun bakteri dimaksud yang menjadi penyebabnya adalah  streptococcus pharyngitis. Harus Anda ketahui pula banyak merokok bisa juga menjadi penyebab peradangan pada tenggorokan. Maka dari itu, berhenti merokok dan jauhi rokok bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit satu ini. Jenis penyakit pada sistem saluran pernapasan satu ini atau penyakit faringitis ini dapat menular keanggota keluarga lainnya. Namun, penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Bronkitis

Penyakit pada saluran pernapasan berikutnya adalah bronkitis. Apa bronkitis itu? Bronkitis adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru yang menyebabkan terjadinya peradangan pada saluran pernapasan. Gejala dari penyakit ini seperti batuk berdahak, badan mudah lelah, kepala terasa sakit dan sering sesak nafas. Bronkitis dapat disebabkan oleh berbagai hal, merokok merupakan salah satu penyebab utamnya. Para perokok aktif resiko untuk terjangkit penyakit ini lebih besar. Brongkitis juga bisa membuat Anda mengalami sesak nafas. Oleh karena itu, sebaiknya hindari rokok untuk menjaga saluran pernapasan Anda agar sehat.

Sinusitis

Penyakit terakhir yang harus Anda ketahui tahu mengenai penyakit pada saluran pernapasan yaitu sinusitis. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Penyakit sinusitis ini disebabkan oleh virus, jamur dan infeksi bakteri. Gejalanya meliputi hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan, sakit kepala dan napas berbau. Penyakit ini termasuk penyakit yang harus cepat diobati agar tidak menyulitkan Anda untuk bernapas karena mengalami hal ini bisa dikatakan cukup lama. Ingat, disaat Anda mengalami penyakit sistem pernapasan akibat satu ini tidak kunjung sembuh, segera mungkin periksakan diri Anda kedokter terdekat.

Demikianlah setidaknya ada 4 jenis penyakit pada sistem pernapasan yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.