Mengenal Lebih Dekat Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya yang dapat membuat penderitanya meninggal dunia. Kanker sendiri adalah sel jahat yang tumbuh tidak terkendali di bagian tubuh tertentu, entah itu di mulut, otak, prostat, ginjal, kulit, dan lain sebagainya dan kemudian menyerang sel-sel baik di dalam tubuh. Tak heran jika penderita kanker akan tersisa seiring berjalannya dan menyebarkan kanker itu sendiri. Btw, di bawah ini akan dibahas informasi seputar jenis, penyebab, dan juga gejala kanker itu sendiri untuk menambah informasi dan wawasan Anda.

Jenis

Ada 5 jenis kanker yang biasanya menyerang tubuh manusia, yaitu:

  • Limfoma dan myeloma: kanker yang berasal dari sel-sel kekebalan tubuh.
  • Sarkoma: kanker yang terbentuk dari jaringan tulang rawan, jaringan tulang, jaringan lemak, jaringan otot, dan jaringan pembuluh darah.
  • Karsinoma: kanker yang tercipta dari jaringan kulit atau jaringan luar organ tubuh.
  • Leukimia: kanker yang berasal dari sumsum tulang belakang.
  • Kanker di otak dan sumsum tulang belakang: kanker yang terbentuk dari jaringan saraf pusat.

Selain itu, jenis kanker lainnya yang dikelompokan berdasarkan organ tempat asal jaringan kanker berkembang adalah kanker paru-paru dan kanker payudara.

Penyebab

Penyebab utama kanker adalah mutasi DNA pada sel. Mutasi ini membuat penumpukan sel-sel baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh. Sel-sel baru ini akan terus membelah diri sehingga terciptalah jaringan tumor. Mutasi ini sendiri terjadi akibat faktor genetik dari orang tua. Selain itu, ada juga penyebab mutasi DNA yang berasal dari luar, yaitu zat-zat yang tidak baik bagi tubuh, seperti rokok, virus, hormon, bahan kimia karsinogenik, dan radiasi. Di sisi lain, ada juga penyebab lain yang dapat memicu kanker, yaitu inflamasi kronis, obesitas, dan juga kurangnya aktivitas fisik baik di dalam maupun luar rumah.

Oya, peluang seseorang untuk menderita kanker juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu usia, kondisi kesehatan kronis, riwayat keluarga, infeksi, gangguan sistem imun, dan lingkungan. Untuk faktor usia, kebanyakan penderita kanker berusia di atas umur 65 tahun. Hal ini dikarenakan perkembangan kanker membutuhkan waktu bertahun-tahun. Lalu, bagaimana dengan beberapa kasus kanker yang diderita oleh anak-anak atau remaja? Hal itu kembali lagi pada faktor genetik dari orang tua penderita dan juga riwayat kesehatan keluarga. Jika ayah atau ibu penderita mengidap kanker, besar kemungkinan mereka juga akan terkena penyakit ini.

Selanjutnya, kondisi kesehatan kronis maksudnya adalah jika seseorang menderita penyakit kronis, ada kemungkinan bahwa dia juga akan menderita penyakit kanker. Misalnya, jika penderita menderita gangguan paru-paru, ada kemungkinan bahwa dia akan menderita kanker paru-paru cepat atau lambat. Sementara untuk lingkungan, orang-orang yang sering terpapar senyawa kimia berbahaya, seperti asbestos dan benzena, mereka akan menderita kanker pada akhirnya. Untuk infeksi, virus yang menyebabkan infeksi pada bagian tubuh tertentu juga bisa memicu kanker, seperti virus hepatitis B dan C yang dapat menyebabkan kanker hati.

Gejala

Perubahan berat badan yang tidak normal baik itu menurun atau meningkat bisa menjadi gejala umum pada penderita kanker. Selain itu, gejala lainnya adalah cepat merasa lemas dan lelah, muncul benjolan atau penebalan di bawah kulit pada bagian tubuh tertentu, perubahan pada warna kulit, deman dan keringatan dalam waktu lama, pendarahan dan memar tanpa sebab yang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.